Bagaimana Internet telah membuat saya “Xlangkah Lebih Maju”

Xlangkah Lebih MajuBerdasarkan survey yang telah dilakukan pengguna internet di dunia pada rentang waktu 1995 sampai 2010 telah naik menjadi  28.7%.

Sumber : http://www.allaboutmarketresearch.com/internet.htm

Indonesia sendiri untuk kawasan Asia menempati peringkat 4 (empat) dengan total pengguna kurang lebih 39,6 juta dibawah China, India dan Jepang.

Sumber : http://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia

Pertumbuhan yang sangat massive tersebut tentu saja membuat internet menjadi salah satu kebutuhan primer bagi sebagian kalangan.  Internet telah bertransformasi menjadi media yang paling dominan dalam beberapa tahun terakhir ini seiring dengan  semakin progressive-nya era dot-coms.

Perkembangan internet mengecilkan gap yang ada di masyarakat

Ya, menurut gw internet memang mengecilkan gap yang ada di masyarakat kita. Kenapa? Kebebasan dalam menggunakan internet tidak hanya didominasi oleh kalangan tertentu. Tetapi dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Saat ini internet tidak hanya dapat diakses melalui PC (personal computer) ataupun laptop. Tetapi dapat pula diakses dengan menggunakan handphone. Banyak operator komunikasi telah menyediakan dan mendukung layanan internet via handphone. Salah satunya adalah XL. Dengan biaya yang sangat minimum masyarakat dapat menikmati kebutuhannya akan internet. Jelas bahwa internet bukanlah ‘barang’ baru dalam masyarakat kita. Dengan semakin mudahnya mengakses internet, masyarakat Indonesia “Xlangkah Lebih Maju” menuju era digital.

Arti internet bagi kehidupan gw

Bagi gw sendiri, arti internet sangatlah penting dalam perkembangan selanjutnya. Yang pasti, internet membuat gw “Xlangkah Lebih Maju” dalam banyak hal. Kebutuhan akan pengetahuan yang tidak hanya berkutat dalam buku  (ya, buku secara fisik maksud gw) dapat terdistribusikan dengan baik melalui berbagai macam forum yang bersliweran di internet. Kebetulan hobi gw adalah dibidang programming. Interaksi dalam tanya-jawab di forum-forum tersebut membuat gw lebih mengerti mengenai pokok permasalah yang gw hadapi. Tentu saja dengan mempelajari yang ada di buku bisa membuat kita lebih memahami banyak hal. Tetapi hal-hal teknis yang biasanya tidak terangkum dengan sempurna di buku (karena keterbatasan yang ada) akan menjadi limit bagi gw dalam pembelajaran. Sehingga dengan adanya internet membuat gw lebih leluasa dalam mengembangkan ilmu yang gw dapat dengan lebih mudah dan cepat tentunya.

Lebih lanjut, perkembangan internet tidak hanya serta-merta bersifat statis. Tetapi telah beremulasi secara dinamis dalam kehidupan gw. Gw bukanlah orang yang eksplosif  dalam memberikan pendapat di kehidupan sehari-hari. Kesan tidak enak atau segan menjadi pembatas yang selalu menjadi momok buat gw. Dengan internet melalui blog, telah memberikan gw ruang yang sangat luas dalam berekspresi tanpat takut adanya hal-hal yang biasa mengganggu pikiran gw ataupun bias-bias tertentu. Dengan kebebasan yang beretika tentunya, membuat gw merasa nyaman dalam berinteraksi dengan internet.  Facebook atau Twitter merupakan beberapa media lain bagi gw untuk berinteraksi dan berekspresi. Imbasnya, tentu saja gw  “Xlangkah Lebih Maju” dalam mengembangkan setiap ide-ide atau sharing pendapat dengan orang lain secara apa adanya.

Kemudahan dan biaya murah dalam mengakses internet menurut gw, telah menyatu dalam semua kehidupan gw. Sebagai contoh:  dulu untuk menonton televisi hal-hal konvensional seperti harus ada antena atau parabola merupakan hal yang wajib untuk menikmati tayangan yang ada. Sekarang melalui koneksi internet, acara-acara televisi diseluruh belahan dunia tanpa terkecuali dapat dinikmati dengan gratis. Kebetulan gw senang dengan sepak bola, sehingga dengan mudah gw dapat menonton tim kesayangan gw berlaga tanpa harus berharap ditayangkan di televisi.

Tetapi tidak setiap informasi yang didapat melalui internet harus ditelan mentah-mentah. Sebagai pengguna internet yang baik, kita haruslah bijak dalam menyaring setiap arus informasi yang datang. Internet merupakan media, tetapi kita tetap ‘aktor’ utama dalam hal pemanfaatannya. Apabila pemanfaatan internet dapat dimaksimalkan dengan baik, kita akan “Xlalu Lebih Maju” kedepannya.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

