Batam Today, in my opinion

Batam Today

Portal Berita Batam - Riau

Kemajuan teknologi informasi membawa dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat dalam berinteraksi. Hal tersebut sejalan dengan adanya perangkat komunikasi yang mendukungnya. Di Indonesia sendiri perkembangan informasi teknologi khususnya Internet mengalami kenaikan yang drastis. Berdasarkan survey yang didapat dari Miniwatts Marketing Groups kenaikan jumlah pengguna Internet di Indonesia terjadi antara tahun 2000 s/d 2011. Pada tahun 2000 tercatat pengguna Internet di Indonesia hanya sekitar 2 juta-an. Pada periode May 2011 jumlah pengguna Internet tersebut naik hingga menyentuh angka 39 juta-an. Dapat dibayangkan bagaimana komunikasi via Internet sudah begitu ‘lumrah’ bagi masyarakat Indonesia.

Seperti pada catatan survey diatas, rentang waktu 10 tahun tersebut memberikan arus yang kuat dalam penggunaan Internet di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri lagi, arus yang kuat tersebut telah ‘memodernisasi’  masyarakat dalam mencari, menggali, dan mendistribusikan cara berinteraksi dari konvensional (brick-and-mortar) ke era online (click-and-mortar). Sehingga tidak mengherankan apabila muncul banyak online web shopping dan news portal di ranah Indonesia ini. Kesempatan tersebut  tentu saja memberikan warna tersendiri dalam penggunaan Internet di Indonesia. Dahulu kecepatan informasi hanya dapat dinikmati oleh Ibu Kota  (.red Jakarta) dan daerah disekitarnya. Tetapi sekarang kemajuan informasi & teknologi membawa efek yang baik bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Dengan adanya teknologi informasi yang tepat guna, berita ter-updated sekalipun dapat ‘dikonsumsi’ masyarakat di daerah dengan hanya meng-click tombol di keyboard komputernya – berselancar di dunia maya. Bagaimana daerah lain seperti Batam dalam menanggapi kemajuan informasi & teknologi khususnya Internet?

Menuju Batam Sebagai Digital Island : Hanya Slogan Belaka?

Batam sebagai salah satu daerah di Indonesia mempunyai letak yang cukup strategis : diapit oleh dua negara ‘modern’ yaitu Singapore dan Malaysia. Tentu saja membawa berkah tersendiri. Dikarenakan teknologi informasi di negara-negara tersebut cukup ‘mapan’. Ditambah lagi dengan banyaknya perusahaan-perusahaan asing yang berbasis di Batam.

Sebagai salah satu penduduk lokal Batam, saya sangat tertarik dengan pemikiran dan wacana para pemimpin disini. Mereka mendeklarasikan Batam sebagai Digital Island. Hal tersebut tentu saja membawa transformasi ide ke arah yang lebih baik walaupun hanya parsial saja yaitu : di Batam.  Menurut saya, Batam telah meng-aktulisasikan ide tersebut kedalam bentuk yang nyata. Terbukti dengan infrastruktur pendukung (provider-provider Internet swasta) yang terus diusahakan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan terdapat beberapa hot spot gratis yang disediakan oleh Pemko Batam dalam mewujudkan hal tersebut (Sumber). Sejalan dengan slogan “Batam Digital Island”, berdasarkan kutipan pada tahun 2010 di Media Indonesia bahwa hampir 60% warga Batam telah memahami dan dapat mengoperasikan Internet (Sumber).

Media Online Sebagai Alternatif Yang Paling Diminati

Kemudahan akses Internet yang didapat oleh masyarakat menyebabkan pertumbuhan media online menjadi lahan subur. Seperti yang sudah disebutkan pada postingan diatas, media online telah meng-konversikan diri menjadi pilihan alternatif yang sangat mudah dijangkau oleh semua kalangan. Dengan media online, masyarakat dapat memilih dan memilah sesuatu dari berbagai sumber sebagai bahan pembanding yang baik.  Saya meyoroti lebih kepada transformasi media online khususnya portal berita yang telah melesat dengan cepat pada rentang waktu belakangan ini. Dahulu, koran konvensional didapat setiap hari. Dewasa ini ‘koran’ online dapat dilihat setiap menit dengan berita yang lebih updated. Imbas dari kecepatan informasi & teknologi, ya tentu saja ‘kegemaran’ masyarakat dalam meng-updated berita-berita dalam hitungan menit bahkan detik.

Banyak portal berita yang tumbuh dan berkembang di Indonesia seiring dengan akses Internet yang mudah tersebut.

Sebagai salah satu portal berita nasional : Batam Today telah membaca alur kecepatan informasi & teknologi tersebut. Batam Today telah memberikan warna tersendiri dalam penyampaian berita-berita yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh portal berita nasional lainnya. Batam Today memposisikan diri sebagai ‘pemain’ lokal dalam penyampaian berita tersebut. Dengan kata lain, Batam Today lebih ‘berpartisipasi’ dalam berita-berita seputar KEPRI dan daerah sekitarnya. Segementasi pasar yang dibidik oleh Batam Today membuatnya menjadi terdepan sebagai portal berita lokal.

Batam Today di Mata Saya

Dalam memberikan tanggapan mengenai Batam Today menurut sudut pandang pribadi saya. Ada baiknya merujuk kepada sistem marketing baku yang biasa disebut ‘SWOT’ analisis – (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat). Hal tersebut perlu dilakukan karena untuk kemajuan dan perkembangan Batam Today, kita tidak bisa memberikan gambaran positif terus. Tetapi perlu adanya masukan. Berikut analisis sederhana saya berdasarkan sistem SWOT :

Strength :

  1. Batam Today merupakan salah satu pelopor portal berita di daerah Batam, Riau dan sekitarnya. Sehingga mempunyai basis pembaca yang cukup banyak.
  2. Berita-berita baik nasional, daerah, dan internasional yang disajikan cukup kompeten dan berimbang.
  3. Berita-berita seputaran Riau dan daerah sekitarnya sangat updated.
  4. Berita-berita yang di-published mempunyai tata bahasa yang sesuai kaidah jurnalistik. Sehingga enak untuk dibaca.

Weakness :

  1. Terlalu menonjolkan iklan-iklan. Sehingga pembaca ‘terbelah’ konsentrasinya dalam membaca berita. Imbasnya dapat mengurangi readers-attention terhadap berita yang ingin disampaikan.
  2. Beberapa berita tidak mempunyai foto. Hal tersebut tentu saja memberikan efek yang kurang baik. Karena media online mempunyai ‘kekuatan’ di penyampaian foto-foto yang bervariasi.
  3. Terdapat beberapa ‘broken-link-database’ yang bisa menyebabkan para hackers melihat celah untuk ‘mengerjai’ website Batam Today. Berikut ini saya berikan contohnya :

contoh broken link database

Opportunity :

  1. Dengan semakin ‘ramainya’ masyarakat yang ‘melek’ teknologi dan meng-akses Internet untuk mencari berita ter-updated, membuat peluang Batam Today untuk tumbuh kedepannya semakin terbuka lebar.
  2. Kebijakan pemerintah yang semakin memberikan ruang gerak kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi melalui media online, tentu saja merupakan ‘angin segar’ bagi Batam Today untuk memperluas segementasi pasar pengguna Internet.
  3. Perangkat gadgets canggih yang mendukung Internet telah menjadi gaya hidup di masyarakat . Contoh seperti Ipad dan Galaxy Tab.

Threat :

  1. Kompetitor yang semakin banyak tumbuh direntang waktu 2008 – 2011.
  2. Konsep bisnis berita portal dari beberapa kompetitor yang semakin inovatif.
  3. Sosialiasi marketing beberapa portal berita yang sangat agresif.

Inovasi Untuk Batam Today

Sebagai pembaca Batam Today saya ada beberapa usulan untuk inovasi kedepannya :

  1. Dengan kemajuan website 2.0 (komunikasi dua arah) saat ini, inovasi yang dapat dilakukan oleh Batam Today adalah memberikan suatu halaman khusus untuk para pembaca menulis berita sesuai dengan kapasitasnya. Berita-berita yang dituliskan oleh para pembaca tersebut tidak langsung ditampilkan. Tetapi di moderasi terlebih dahulu oleh editor. Di cek ke lokasi yang diceritakan tersebut. Dan diberi reward setiap bulannya bagi berita yang mempunyai tata bahasa baik dan isi berita berimbang. Sehingga lambat laun para pembaca merasa ‘memiliki’ Batam Today. Efeknya tentu saja loyalitas dari pembaca bertambah.
  2. Gadgets canggih telah banyak bermunculan dewasa ini seperti yang saya jelaskan diatas. Alangkah baiknya Batam Today membuat versi berita yang bisa dibaca di Ipad, Galaxy Tab, dan Handphone. Dengan format yang lebih ‘ringan’ dibanding dengan versi komputer. Sehingga pembaca dapat meng-akses via gadgets tersebut dengan cepat.

Semoga Batam Today selalu memberikan berita-berita yang semakin variatif dalam penyajiannya. Salam hangat dari pembaca setiamu……^_^v

Tagged , , , , ,

2 thoughts on “Batam Today, in my opinion

  1. didim says:

    Waaahhh…coollll men…kapan neh kota banjarmasin kaya gene ya??
    hehehe

    • Bentar lagi tuh….^_^

      Menurut gw sih tergantung dari pimpinan daerah masing-masing. Gimana sense of technology khususnya IT dijalankan didaerah tersebut.

      Banjarmasin digital island gw rasa bisa dan sah2 aja. Coba deh mas bro buat proposal terus samapaiin ke pimpinan yang ada. Potensi Banjarmasin kalo menurut gw besar bgt. Knp? karena banyak orang dari daerah lain kesana. Ditambah adanya universitas negeri terkenal ; Lambung Mangkurat……

      Yang paling penting harus ada ‘penggagas’ untuk proyek ini. Ayo mas bro ambil kesempatan…..^_^V

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: