MEMBUAT LICENSE KEY UNTUK APLIKASI VB.NET DI KOMPUTER KLIEN

Security System for VB.NetMalam teman-teman! Berhubung gw baru dapet ilmu baru (lagi ^-^) untuk VB.Net, makanya gw pikir sharing is the best way to communicate the knowledge to help people. Sebagai pembuka, seperti kita ketahui piracy merupakan salah satu ‘enemy’ yang sangat menjengkelkan bagi para programmer. Kenapa gw bilang begitu? Simple aja, kalo lo buat aplikasi susah-susah untuk suatu perusahaan dan tanpa adanya license key dapat berakibat : perusahaan tersebut apabila ‘pinter’ akan dengan mudah mendistribusikan aplikasi yang telah kita buat ke pihak lain…..(tidakkkkkkk!!!!). Lha wong file installer-nya sudah tersedia di komputer-nya. Tentunya kita pasti akan berusaha untuk mencegah agar aplikasi/program yang telah kita buat mempunyai proteksi yang cukup aman agar tidak terjadi pendistribusian ulang tanpa sepengetahuan kita. Ada teknik khusus untuk pencegahannya. Berikut akan gw paparkan beserta koding yang telah dibuat.

Didalam postingan-proteksi aplikasi vb.net gw kali ini akan memaparkan secara sederhana cara deal with that situation. Ok sebelum ke koding gw akan memberikan skenario cara menjalankan aplikasi yang gw buat :

1. Klien membeli aplikasi yang telah kita buat – deal harga telah disepakati hanya untuk satu komputer

2. Klien meminta kita untuk menginstalkan program tersebut ke komputernya

3. Setelah program ter-instal dengan sempurna di komputernya.

4. Setelah 2 hari, si user (yang gw asumsikan cukup pintar untuk masalah setting networking dan database) menemukan file installer untuk program tersebut. Dan dengan kapabilitas-nya si user meng-copy file installers tersebut ke komputer lain. (Padahal waktu deal, si user hanya meminta untuk satu komputer saja – tetapi karena ‘licik’ yang bersangkutan berasumsi, “Wah gw kibulin lo programmer ecek-ecek! Padahal gw mau install-nya di beberapa komputer kant0r ini supaya programmnya running dan nga perlu keluar biaya besar….heheheh.”

5. Setelah si user menginstall-nya di beberapa komputer lain akan timbul masalah. “Sial ternyata si programmer itu pinter juga!!!! Damn, gw nga bisa menjalankan programmnya….T-T !”

Dan aplikasi dan program kita bakalan aman!!!! Yes…….^-*

The ways to do that are :

1. Kita buat dulu stand-alone program untuk men-generate serial number untuk aplikasi yang telah dibuat. Berikut gw kasih contoh program untuk stand-alone program tersebut. DOWNLOAD.

Adapun penggunaan untuk stand-alone aplikasi diatas adalah ketika akan meng-install aplikasi ke komputer klien , terlebih dahulu kita install program tersebut. Sehingga kita bisa me-register komputer klien tersebut dan memberikan serial number yang otomatis di generate dari komputer tersebut (unique). Apabila sudah mendapatkan serial number dari komputer klien, ada baiknya langsung uninstall program tersebut. Apabila tidak di-uninstall maka sia-sia perjuangan kita teman. Karena program stand-alone untuk generate serial number inilah inti dari pembuatan program security untuk aplikasi yang kita buat.

2.  Apabila langkah satu diatas telah selesai dibuat maka lanjut ke langkah berikutnya yaitu installing program yang telah kita buat. Untuk memudahkan teman-teman sekalian, gw akan share contoh program ini. DOWNLOAD.

Setelah selesai dengan 2 download program, kali ini gw langsung sharing cara penggunaanya :

A. Ketika program belum terverifikasi melalui serial number yang valid – contoh program

Program Security - 1 VB.Net

B. Ketika user sudah terverifikasi melalui serial number yang valid – contoh program

Program Security - 2 VB.Net

C. Tampilan program setelah selesai registrasi dan user login – contoh program

Program Security - 3 VB.Net

D. Tampilan untuk registrasi user serial number – contoh program

Program Security - 4 VB.Net

Program yang gw buat ini nga seluruhnya ide gw. Gw dapat source code untuk license serial number dari sumber : http://www.emoreau.com/Entries/Articles/2007/12/Licensing-a-VBNet-application.aspx

Setelah mendapat source code itu gw langsung utak-atik dengan keterbatasan gw untuk mengaplikasikan kedalam program sederhana buatan gw. Semoga dapat membantu teman-teman dalam memahami lebih dalam cara membuat serial number untuk program yang telah kita buat. Program gw ini nga sempurna, tapi gw berharap teman-teman bisa dapat intisarinya.

Karena user login nya gw nga buat melalui database alias hardcode maka apabila teman-teman ingin mengakses-nya : user name – saya, password – 1

Seperti yang sudah-sudah disetiap postingan gw. Gw berharap apabila teman-teman sekalian ada kesulitan mohon isi di comment gw. Sehingga gw tau dimana letak kesalahan dari program yang belum sempurna ini.

Happy coding bro/sis ^-^v

Tagged , , , , ,

20 thoughts on “MEMBUAT LICENSE KEY UNTUK APLIKASI VB.NET DI KOMPUTER KLIEN

  1. Aan says:

    waahh….asli,aku ga ngerti banget soal pemograman…
    tapi lumayan ngerti maksud dari postingan anda…
    paling ga udah bantu para programer tuk memprotect hasil karyanya
    seeepppp

    • Thanks mas bro Aan…..Iya semoga ilmu yang dikit ini bisa banyak membantu para programmer. Jadi hak paten terhadap produk buatannya (yang dengan susah payah diselesaikan) bisa tetap terjaga…^-^

      • Aan says:

        btw belajar dmn mas tentang pemmograman?

      • gw belajar otodidak mas bro….dan entah kenapa pemrograman buat gw nyaman. Paling seru pas lagi kesusahan nemuin koding yang pas buat aplikasi yang sedang dalam proses pengerjaan. Nah disitu dituntut kesabaran dan ketelitian. Nga mudah emang, tapi pas udah kelar dan berhasil. Wah pengen senyum mulu….heheheh. Mas bro Aan demen juga programming?

      • Aan says:

        pengen belajar sie…coz asik keliatannya,kdang2 temen ada yg nanya masalah dgn pc nya,yaa aku coba utak atik,kalo berhasil mang nyenengin sie rasanya
        padahal sok sok bisa gtu gw benerin punya temen,kalo ga bisa dapet yaa…gw bilang bawa ketempt servis ato gw suruh format ulang aja
        hehehe

      • Nah itu dia…..Gw juga baru belajar tentang programming. Gw lagi mendalami VB.Net. Nah kalo mas bro mau coba ngulik-ngulik program di VB.Net, entar gw sharing beberapa contoh-nya. Lumayan mas bro, entar kalo udah ada program yang mas bro ciptain dan terbukti handal. Pan bisa dijual tuh. Kisaran harga software aplikasi bervariasi tetapi rataannya (untuk program semi-pro) 2-3 jt. Mantapkan? hobby jadi duit entar…hehehe. Just what I thought mas bro…..^_^

      • Aan says:

        bener tue…
        tapi masalahnya tentang pemograman gw ga tau sama sekali nie…
        enaknya kalo belajar yg dasar dulu ngambil kursus apaan ya namanya??

      • Mas bro dulu aja waktu kecil kita nga bisa baca. Toh sekarang bisakan…heheheh. Perumpamaan ‘bodoh’ ala gw sih…waksksks. Intinya yang penting niat dulu mas bro. Dan kalo mau belajar, saran gw sih lebih enak cari-cari materi dulu di toko buku. Pelajari di rumah. Nah kalo udah punya ‘kulit’ dalam memahaminya baru deh cari tempat kursus.
        Tapi entah kenapa yah mas bro, kalo pribadi gw sendiri sih kurang seneng dengan tempat kursus. Kenpa? karena yang mereka berikan ke kita nga banyak dan mungkin nga sesuai ekspektasi. (menurut gw lho yah….^_^)
        Lebih afdhol kalo kita cari resources di Internet atau gabung ke forum-forum yang udah banyak bgt didunia maya. Dan cara tersebut kalo gw pribadi sih ‘masuk-masuk’ aja. Karena di forum-forum itu banyak akademisi yang berpartisipasi…..sekali lagi just what I thought….^_^v

      • Aan says:

        bener juga sie..
        tapi masalahnya gw ga tau sama sekali tentang pemograman,apalgi mpe bkin aplikasi,
        btw kalo kursus basicnya dulu nama nya apa ya mas?kmren gw cuma ngmbil teknsi kmpter,jaringan aja kemaren ketingglan gw

      • Biasanya sih didalam kurikulum ditempat kursus tersebut sudah terlampir. Nah kalo mas bro mau belajar semisal programming liat aja di kurikulum pembahasannya. Nah biasanya sih seperti yang gw bilang, ditempat kursus kurang ‘gokil’ dalam penyampaiannya. Yah tau sendiri, mereka ngajarin apa yang sudah tertera di dalam buku panduan….T _ T
        Beruntung kita2 lahir di zaman sekarang. Resources seabrek2 mas bro.
        Wah belajar ngulik hardware yah. Keren tuh mas bro. Gw juga nga terlalu ngerti dengan hardware. Tapi gw pengen belajar. Entar bisa sharing nih….^_*

        *O iya gw pernah ngelamar ke S’pore. Dan mas bro tau?! Disana banyak bgt yang cari karyawan untuk networking. Kalo gw bilang mas bro dalemi hardware dan networking. Behhhh keren bgt tuh. Avarage salarynya juga gede2…..Tetapi gw udah kadung cinta sama programming…..heheheh
        Ayo mas bro kuatin di networking (CCNA…bla bla bla)….mantap tuh…..

        v ^_^ v

      • Aan says:

        wah wah…
        muanteb buanget saran lo bro,gw jd bingung cara ngucapin terima kasih dengan gaya bahasa gw sendri
        pokoknya thanks tuk saran-saran lo
        ntar gw nyari buku2 nya dulu dah
        ngemeng-ngemeng mas her koneksi internetnya apaan??pake speedy kata temen gw juga kadang2 kalo udah akhir bulan sering lelet tue…
        hehehe

  2. Wah sama-sama mas bro. Gw pake wigo (untuk sementara) sih belakangan ini. Lumayan cepet dan nga ribet. Tapi yang ribet tuh biaya pemakaiannya. 500mb dikasih tarif 80 rb. Gila nga tuh…?! Mahal euy. Tapi dalam beberapa bulan ini ngasih gretongan ke existing user. Gw udah 2 bulan ini gratis. Sedot terus / donlot….hehhehehe

    • didim says:

      waahh…baru denger nih wigo?
      apa bro?
      hehe

      • Biasa mas bro, provider baru. Tapi jangkauannya masih terbilang sedikit. Hanya beberapa kota aja. Bisa dicek di : http://www.wigo.co.id

        Kecepatannya sih gokil abis, tapi yaitu dia biaya pemakaiannya yang masih berbasis quota. Buat gw pribadi sih mahal….^_^. Tapi Si Wigo ini lagi berbenah buat ngeluarin tarif komersil yang gw doain semoga nga mahal…..kalo masih mahal yah migrasi ke provider lain….heheheh….

  3. tria xc says:

    matap matap aku coba dulu gan

  4. mira says:

    postingan bagus mas bro…

    eh tp aku mau minta tolong ne tp jauh dr tema hehheheeh
    gne ne mas bro,,
    aku bikin aplikasi dikantor, nah aku mau jalanin tuh aplikasi dkomputer lain tp tanpa harus mengintall vb,net,
    aku cuma nginstall framework 2.0 krna .net nya versi 2005,
    aplikasi bsa jalan dari penginputan master sampai transaksi, tpiiiii pas mau report dy kga bsa,,, nah gmna tuh???
    apakah ada settingannya?
    atau harus ngisntall sofware yg lain lg?
    mohon bantuannya y…
    makaci…^_^

    • Hi mira,

      Ok kalo itu menurut gw masalah pada deploying aplikasi vb.net. Nah kalo mira sudah bisa ngejalanin program dari input master sampe ke transaksi berarti it works well. Masalah report menurut gw, pada saat deploying sistem aplikasi tersebut jangan lupa untuk menambah installers buat report viewer dan crystal reportnya – ada di pre-requisites pada saat build.

      Anyway mira pake gunain database apa?

  5. didi says:

    wah wah, anda salah satu orang yang berbaik hati ngasi tutorial skaligus contoh program nya mas bro, semoga saja semua programmer di indonesia berbaik hati seperti ini untuk sharing ilmunya…
    silaturahmi mas bro, email saya di arsana283@gmail.com

Leave a Reply

