Restoring SQL Server Database From File .Bak

Kali ini gw mau sharing bagaimana membuka file .bak untuk dapat dijalankan di SQL Server. Ketika kita restore database dari file .mdf, secara otomatis SQL akan memback-up file tersebut dan di-convert kedalam file yang memiliki ekstensi .bak. Akan sangat menjengkelkan buat kita apabila ingin membaca file tersebut di komputer lain. Gw coba dengan attach database langsung dan hasilnya error……

Tanpa banyak basa-basi gw akan sharing step-step-nya :

  1. Pertama-tama coba lo bukan SQL Server Management Studio.
  2. Klik kanan di Database folder. Akan muncul menu dan lo tinggal pilih New Database.
  3. Masukan nama database sesuai keinginan lo dan klik Ok.
  4. Klik kanan di database yang lo buat tadi. Pilih menu Tasks – Restore – Database
  5. Setelah itu lo pilih From Device option, lalu pilih browse button.
  6. Klik Add dan cari file .bak yang mau lo convert. Lalu klik Ok.
  7. Di Restore Database window, lo centang .bak file-nya.
  8. Lalu lo pindah ke menu Options di ujung atas sebelah kanan. Apabila terjadi error berarti lo belum masukin nama dari database-nya. Lo ketik aja nama database tersebut sesuai dengan nama database yang lo buat di point ke-3 diatas.
  9. Apabila tidak terjadi error, di menu Options tersebut lo centang “Overwrite the existing database.
  10. Klik Ok…..
  11. Pastikan database-nya sudah memuat table-table yang ada.

Apabila ada kesulitan lo bisa langsung ke comment menu di blog gw. Akan gw bantu sebisa gw…..

source : http://help.godaddy.com/article/4504#MDF

Tagged , ,

8 thoughts on “Restoring SQL Server Database From File .Bak

  1. Fadhly Mhd says:

    prnah dulu restore databese blog saya, eh g tau ny lngsung error,,,tpi skrg agak sdikit pham lh lngkah2 restore blog ny,,,heheh😀

  2. mw tanya nich…
    pnya saya kok keluar pesan:
    unable to open the physical file “E:\PENTING\…\Data.mdf”. Operating system error 32: “32(The process cannot access the file because it is being used by another process.)”
    An attempt to attach an auto-named databasefor file E:\PENTING\…\Data.mdf failed, A database with the same name exist, or specified file cannot be opened, or it is located on UNC share

    kira2 salah dimana ya?mohon pencerahannya. trima kasih

    • Hi dyahikapratiwi…..

      Gw juga pernah ngalami hal yang sama. Hal tersebut terjadi karena mbak dyahikapratiwi mempunyai 2 buah database dengan nama yang sama. Coba diubah nama databasenya.

      Kalo mau lebih enak lagi dalam pengaturan database khususnya SQL, ada baiknya mbak dyahikapratiwi menginstall SQL Server Management.

      Seandainya masih belum terpecahkan permasalahannya mohon kasih tau gw lagi yah. Insya Allah gw bantu sebisa gw….sip ^_^

  3. acuy says:

    ni mas, om, abang, bapak, kakak saya mw nanya nih,,

    sebenernya fungsi utama backup dan restore DB tuh untuk apa??

    terus saya udah nyoba sih backup DB pake format .bak dan succes,,
    tapi pas d restore malah eror terus,,saya sih lupa pesan nya apaan,,tapi qlo g salah belakangnya
    “database is in use”,,pokonya gt lah,,eror terus,,

    saya pake sql server 2005..

    mohon keluarkan saya dari kegelapan..
    terima kasih

    • Hi bro acuy,
      Pertama fungsi utama backup adalah untuk ‘menjaga’ fisik file database yang sudah kita gunakan. Dengan kata lain database yang sudah kita gunakan untuk transaksi sehari-hari akan lebih baik dilakukan backup rutin. Fungsinya jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti komputer crashed, dll. Nah sedangkan restoring hampir sama dengan backup. Akan tetapi restoring sendiri biasanya merupakan file database (.bak) dari satu komputer yang telah kita gunakan, untuk dibaca kembali dikomputer lain.
      Untuk masalah bro acuy “terus saya udah nyoba sih backup DB pake format .bak dan succes,,
      tapi pas d restore malah eror terus,,saya sih lupa pesan nya apaan,,tapi qlo g salah belakangnya
      “database is in use”,,pokonya gt lah,,eror terus,,” itu karena database yang akan direstore mempunyai nama db yang sama. Karena contoh sharing tutorial yang gw berikan adalah membaca file .bak dari komputer satu ke komputer lainnya.
      Semoga ada pencerahan yah bro acuy….:)

    • acuy says:

      mmmzz sangat membantu sekali bro,,makasih banyak y…
      makasih juga kiriman contoh aplikasi nya..😀

      eh 1 pertanyaan lagi hehe mumpung ada yang jago bisa jawab…

      gini ceritanya,,
      saya ada tugas nih suruh membuat aplikasi berbasis database,,
      nah DBMS yang saya pake tuh vb.net dan tentunya ma SQl Server 2005..

      nah d dalem aplikasi nya tuh ada form login untuk hak akses..nah di sini ID dan pass nya saya buat table d SQL nya jadi ketika saya login langsung mereferensi ke table login tadi di SQL..

      nah disini masalahnya,,qlo saya jalankan aplikasi nya dan SEBELUM saya masukan id dan pass nya..
      saya coba nge backup dan restore ternyata hasilnya tuh berhasil,,
      tetapi kalau saya SUDAH masukan id dan pass nya dan masuk ke form berikutnya lalu saya ngebackup dan me restore dan ternyata restore nya tetap eror..

      itu bagaimana bro??

      eh cara ngebackup ma restore tuh saya lakukan pake form dan menggunakan tombol d vb.net nya..
      jadi saya ga lakukan d SQL nya..saya pake query nya..

      maaf nih ngerepotin..
      tapi berikan lah saya jalan yang cerah..makasih…

Leave a Reply

