I Do Like Hoax…..

Hoax? Apa sih hoax itu? Bagaimana dia bekerja? Bagaimana dia bercinta? Mengapa ada hoax didunia? Bagaimana menghilangkan hoax? Apakah hoax bisa langsing? *awalnya gw juga nga tau….

Berdasarkan dari beberapa sumber :
Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemberitaan_palsu)

Atau kalo lo anak bule :
A hoax is a deliberately fabricated falsehood made to masquerade as truth. It is distinguishable from errors in observation or judgment,or rumors and urban legends that are passed along in good faith by believers or as jokes. (source : http://en.wikipedia.org/wiki/Hoax)
Bro n sis tercinta, kita butuh berita yang fresh! We’re so f*****g tired with some political news! We’re out of sense to know those things. Crap!!! Tebak, kita butuh sesuatu yang ‘baru’ dalam kehidupan sehari-hari. Hoax adalah salah satu solusi terbaik buat gw untuk menemukan suatu realita yang seharusnya (bukan boongan). Beberapa orang mungkin merasa kesal atau bahkan ‘memaki’ apabila ada berita yang belum tentu kebenarannya. Tapi tidak untuk gw. I love hoax so much. You’ll find out that me is freaky man on the earth. But whatever you think….I just love hoax. Suatu ‘keindahan’ dari hoax adalah kita tidak tahu pasti mengenai kebenaran didalamnya. Nga ada bukti2 konkret dibalik cerita atau berita yang tersebar. Dan mungkin saja hoax itu terkandung kebenaran….We don’t know yet!
Dan itu akan melibatkan banyak orang untuk membuktikannya. Bahkan beberapa orang ‘bersedia’ menyediakan waktu luangnya untuk mencari-cari kebenaran dari cerita yang tersebar itu. Gw inget waktu kita kecil mungkin ada beberapa hoax yang selama ini ‘tercipta’ dipikiran kita. “Eh nak jangan potong kuku malem2 yah! Bahaya! Entar ada hantu lewat lho!” Si anak pasti langsung merespon, “Hantu? Emang hantu suka makanin kuku kita yah bu?” Dan si ibu (mungkin dengan sedikit kesal karena dihujani pertanyaan yang sebenarnya dia juga nga tau pasti) balik merespon, “Iya entar hantunya makan kamu lho?” Karena si anak masih dalam masa pertumbuhan, “Oooo, jadi hantu bukan suka makan kuku, tapi makan orang yah?”……………Atau seperti ini —-> “Nak, nasinya harus habis yah!” Si anak jawab, “Kenapa harus habis bu?” Dan si ibu dengan tujuan baik ‘memberi’ sedikit bumbu hoax, “Iya harus habis, kalo nga nasinya nangis!” Si anak dengan bengong dan berpikir….Ehmm….gw mulai sekarang nga mau makan nasi! Kasihan, nga dimakan aja nangis apalagi gw makan. Pasti menderita bgt….(- – ‘)
Gw emang belum menjadi orang tua (umur mungkin emang tua), tapi setau gw cara mendidik anak haruslah berdasarkan realitas dan bukan dengan cara ‘menyajikan’ hoax yang bersifat turun-temurun. Dan para orang tua juga nga tau darimana berita tersebut tersebar. Emang bener, orang tua pasti ingin yang terbaik buat anaknya. Sehingga membuat hoax yang tujuannya sebenarnya baik. Tapi biar gimanapun anak jaman sekarang lebih kritis. Yah mungkin karena dipengaruhi berbagai macam hal seperti : teknologi informasi yang menjangkau banyak kalangan, pendidikan yang lebih baik, pergeseran gaya hidup dari konvensional ke modern, dsb. Dan hal-hal kecil tersebut mengakibatkan anak mempunyai cara berpikir yang ‘dangkal’ seperti gw ini…..T-T
Ok…kalo begitu kenapa gw suka hoax? Sorry guys, diatas gw cuma memberikan contoh kecil dari hoax yang sedari kecil udah kita dapat. Gw mau membawa temen2 ke hoax yang lebih gede. Yaitu hoax yang erat kaitannya dengan berita-berita yang membuat ‘heboh’ dunia. Masih inget dong dengan “Kiamat entar tahun 09-09-1999 ; pukul 09.00”, “Alien abduction / penculikan oleh makhluk asing (alien)”, “Crop circles things”, “Seleb A meninggal”, “UFO’s at Roswell, New Mexico”, and you can list them up!!! Kalo gw pribadi sih, seneng2 aja dengan yang namanya hoax. Karena dibalik hoax itu terkandung beberapa hal positif seperti :

  1. Hoax memberikan kita rasa ingin tahu mendalam mengenai cerita sebenarnya
  2. Hoax memberi peringatan kpd manusia agar lebih sensitif terhadap alam
  3. Hoax bisa memberi keuntungan untuk sebagian oknum. Dan asumsi saya nga jauh2 dari yang namanya economic matters ^-^V
  4. Hoax memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk saling bertukar informasi mengenai kejadian sebenarnya. Dan uniknya, kita2 yang nga saling mengenal akhirnya jadi kenal satu sama lainnya dikarenakan hoax tersebut. Bahkan dengan teman yang nga terlalu akrab sekalipun, kita dapat membina hubungan baik pada akhirnya karena rasa ingin tahu mengenai hoax tersebut.
  5. Menjadikan kita lebih kreatif lagi kalo membuat berita2 hoax kedepannya…hihihi

Seru bgt hoax!!! Mungkin karena terbentuk pola pikiran ttg alien kita jadi senang mengamati indahnya malam secara nga sadar. Yah, kita jadi sering melihat keatas setiap malam. Dan berharap pesawat yang lewat itu adalah pesawat alien dan bukannya LION, BATAVIA, GARUDA……Hoax juga menjadi inspirasi dari fim-maker untuk menyajikan film2 beraroma science-fiction. Ada dua tipe biasanya dalam film science-fiction tersebut : alien baik dan alien jahat. Kalo alien baik biasanya datang kebumi terus mengamati bagaimana manusia hidup. Ujung2nya ketemu dengan jagoan di film tersebut. And you know that, yah akhirnya mereka berteman….So romantic! Kalo ada alien cewek kayaknya boleh tuh kita kenalan. Terus kita saling berinteraksi : “Alien, wajahmu lonjong banget! Kepalamu botak nan menawan! Matamu sungguh besar seperti cintaku!” &**^^%$$%%#@#$( —–) Dan apabila alien tersebut jahat biasanya datang kebumi dengan niatan mau menghancurkan bumi. Mengambil otak manusia untuk riset mereka. Nah kalo yang ini gw nga seneng. Otak gw isinya bokep semua….Malu bgt pas otak gw dimasukkan kedalam tabung riset mereka. Di komputer terbaca : “Can’t read this brain properly. A lot of porn pictures and words on it!”
Gw sih bukannya berharap teman2 pada suka pada hoax juga. Gw cuma mau memberikan ‘sudut pandang’ lain mengenai hoax tersebut. Ada kalanya hoax menyebalkan tetapi adakalanya pula hoax memberikan penyegaran bagi manusia untuk introspeksi diri…….

“Yuk kita jalan2 pagi di planet gw…hihihihi” *Lariiiiiiiiiiiiii



Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: