Bersahabat Dengan Jejaring Sosial (Social Network)

……………

“Sejak era internet booming banyak yang berasumsi bahwa inilah saatnya generasi baru akan bermunculan.”

Bro/sis, memang sejak era internet meledak dengan pesatnya. Berbagai macam industri telah merubah konsep bisnisnya dari yang konvensional –> internet-oriented. Banyak hal yang berubah dan percaya nga percaya kita juga terbawa arus tersebut. Kecepatan dalam berkomunikasi dan berinteraksi membuat era baru tersebut semakin boost-up ketingkat yang lebih jauh lagi. Terus terang gw dulu bukanlah orang yang melek teknologi. Gw nga terlalu perduli dengan yang namanya internet. Guys, gw baru kenal yang namanya e-mail itu sekitar tahun 2000. Itupun gw minta tolong untuk buatin e-mail account gw dengan sahabat gw yang namanya Harry Saputra (bro thanks yah..kalo nga ada lo, mungkin gw baru tahun cara buat e-mail account tahun 2002). Yah e-mail pertama gw cukup norak ; flowersblue_2000@yahoo.com. What a shitty identity it was…..(anyway kangen juga dengan email tersebut….oh my email where are you….)

Tahun demi tahun perubahan dalam berinternet semakin menarik hati setiap orang. Guys, masih inget dulu waktu chatting kita menggunakan Mirc. Terbentuk pola pertanyaan yang gw bilang sangat lucu kalo nga norak. Asl pls…..A = Age, S = Sex, L = Location. Gw sempet terjebak dalam pola tersebut. Masih inget gw waktu pertama kali chatting dengan Mirc. Dapet pertanyaan seperti itu. Gw jawab : 19,straight,pontianak. Damn, gw kira S = sex itu nunjukkin kalo lo itu gay, lesbian, atau straight….Kasus ‘penipuan’ pun marak gara-gara Mirc. Banyak dari kita yang sering ‘ngerjain’ orang lain khususnya laki2 buaya darat nan kampret. Sering kita ngaku2 sebagai cewek dan dari Bandung pula (banyak orang beranggapan kalo kota Bandung atau Jakarta pastilah cantik…gw masih bingung dengan relasi tersebut ^-^). Banyak yang kejebak dan anehnya lagi seneng2 aja dijebak seperti itu. Gw merupakan salah satu ‘penjahat’ yang pernah ngerjain temen kost-an gw. Waktu itu gw nga sengaja masuk kekamarnya dan liat si Mr. V ini sedang asyik chatting via Mirc. Secara natural gw tanyain tuh Mr. V. Eh lo chatting di room apa?! Ow, gw chatting di room ini….Secara spontan gw langsung kekamar gw dan mulai ‘beraksi’. Gw pake nama ‘Nanda’ waktu itu. Asumsi gw kalo gunain nama semisalnya : Endang atau Wartini, si temen gw bisa dipastikan nga akan tertarik. (sorry yah yang namanya Endang atauWartini. Ini cuma asumsi aja…kalian cantik kok…^-*). Bravo…..dan bener aja hasil penerawangan gw. Yups, temen gw langsung click nama Nanda dan seperti biasa : Asl pls. Bro, I got you!!!! Gw dengan gaya bahasa manja ngebuat temen gw ini ‘horny’ nga ketulungan. Dia selalu mancing2 dengan pertanyaan: kamu dimana sih? ketemuan yuk?……Pertama2 gw selalu bilang : ah entar aja kita ketemuan. Dengan nafsu yang membara temen gw bilang : gw orang baik2 kok. gw nga jahat!….Mules bgt perut gw liat kelakuan temen gw. Karena gw rasa udah nga ada tantangan lagi. Dengan terpaksa pas dia ngajakin ketemuan untuk kesekian kalinya. Sangat menyesal gw bilang : KALO MAU KETEMUAN, GW ADA DIATAS KOK!!! Dengan amarah + malu  temen gw keatas (kostan gw kebetulan 2 tingkat) dan langsung dengan kalimat yang hanya anak umur 18thn keatas boleh mendengarnya : ANJ**G LO! B**I LO! T*I LO!……

Setelah zaman Mirc usai muncul penantang baru yang lebih aggressive dan kalo gw bilang lebih interactive ; FRIENDSTER. Kalo nga salah Friendster ini muncul dan terkenal di Indonesia pada tahun 2003. Dan mulai booming-lah situs jejaring sosial saat itu. Setelah itu muncul nama Myspace (tahun 2006). Gw juga punya pengalaman lucu mengenai Friendster ini. Waktu itu gw chat sama temen dunia maya gw. Setelah asyik ber-chatz ria, sang teman dunia maya ini nanyain ke gw : lo punya fs? Man, gw bakalan tengsin abis kalo seandainya gw bilang : fs itu apa?…..Dengan rada sok tau gw jawab : oh….ada kok gw fs? Secara ajaib gw langsung putusin chatz dengan temen gw itu. Gw nga mau kalo dia nanya lebih jauh lagi tentang Fs…..WTF. Akhirnya gw perpegang teguh dengan prinsip para surfer dunia maya ; yah gw harus tanyain ke Mr. Google….harus…harus. Setelah gw cari ada yang aneh. Kok nga ada yah link untuk Fs. Gw bingung Fs ini apaan sih?! Singkatan? atau nama websitenya sendiri? Setelah bosen dengan mencari ketidakpastian, akhirnya tanpa disengaja setelah 3 hari gw baru tau apa itu Fs. Itu-pun dari temen gw yang nanyain : lo udah buat account friendster? bagus lho bro. Goddamn it! Ternyata Fs –> Friendster. Keriting gw mikirin (padahal kalo gw nga sok tau, mungkin gw tau apa itu Fs lebih awal…). But that’s the life mate!

Perlahan tapi pasti, Fs telah merebut banyak hati para kawula muda saat itu. Tanpa disadari juga, Fs telah merubah perilaku dari para anak2 muda itu. Saat zamannya Fs ini muncul kata : narsis (untuk menggambarkan orang yang suka bgt meng-ekspos dirinya secara berlebihan). Ya disadari atau nga, kita semua sempat atau bahkan masih ter-infeksi kata narsis. Gw inget dulu, setiap pergi kemana gitu selalu mempersiapkan kamera. Bukan untuk menggambil gambar atau spot yang bagus. TAPI UNTUK DI UPLOAD KE FRIENDSTER. Apalagi kalo kita bisa keluar negeri. Dah…pasti didalam pikiran kita : “Wah gw lagi di Inggris nih, kebeneran ambil foto langsung upload…ah… ke Fs. Cewek2 pasti pada kegirangan dan tau kalo gw kaya.” …(Shitttt….najis bgt + G.R…). Tapi itulah yang terjadi dan mungkin sampe sekarang. Gw juga pernah kok terinfeksi virus mematikan ini. Ini gw kasih contoh pic gw yang sumpah kalo gw liat sekarang gw mau muntah….erggggghhh

—-> foto orang yang lagi mau ditembak mati

Ternyata gw emang pernah terjangkit virus ini guys….dan ini salah satu bukti comment untuk foto ini dan membuktikan bahwa gw bukan-lah tipe fotogenic….^-^

Amelia nyet sumpah nyadar dong banyak anak kecil disni.. sumpah deh…ancur bgt dasar sok ganteng abis. *gaberentinyela*

Aug 21 2007, 09:21 PM

Gw nga bilang kalo virus narsis ini bisa membunuh. Ada kok beberapa orang yang dengan foto narsisnya itu malah mendapat banyak pujian (kebanyakan sih cewek2 yang emang cakep2…)

…………

Lanjut….Karena Fs saat itu tidak mempunyai inovasi yang baik sehingga muncul competitor baru yang bisa dibilang luar biasa inovatif ; FACEBOOK. Sebenarnya ada beberapa sih yang cukup variatif seperti Myspace. Tapi yang paling melesat luar biasa cuma Facebook. Yah situs jejaring sosial ini telah menebus angka ratusan juta pengguna aktif. Inovasi yang dilakukannya sama sekali nga mengubah peta kekuatan situs jejaring sosial saat ini. Fs yang ingin merebut hati penggunanya pun dibuat nga berdaya. Seperti halnya Fs, Fb juga menawarkan fitur pertemanan yang dapat diakses diseluruh dunia. Gw cuma berpikir andai saja gw punya ide ini sebelum si Mark Zuck (susah banget spelling namanya…pokoknya itulah…).

Banyak bgt yang bisa diambil hikmah-nya dari situs jejaring sosial ini. Contoh yang paling gampang adalah gimana kita bisa ketemu dengan sahabat lama yang sekarang sudah nun jauh disana. Atau yang suka bisnis bisa menjual produk2nya secara GRATIS via Facebook. Atau untuk para seleb terkenal bisa lebih mendekatkan diri dengan fans-nya diseluruh dunia….bla…bla…bla. Masih banyak lagi bro. Tapi dalam penggunaanya kita harus bijak. Ingat, gimanapun pertemanan dunia maya nga bisa untuk men-judge seseorang. Apakah orang ini bajingan atau nga?! Seringkali kita temuin kasus penculikan anak gadis orang oleh oknum tertentu dikarenakan oleh pertemanan di facebook ini. So be careful girls!!! Hati2 dengan nama Herosetya Nofario –> penjahat  yang berkedok tukang sampah….^-^

Apakah bersahabat dengan jejaring sosial baik? Bisa ya bisa nga. Semua itu tergantung bagaimana kita merespon-nya. Kalo kita bisa merespon dengan baik, jejaring sosial jelas sangat membantu dalam ‘memperkenalkan’ diri kalian ke dunia luar.

Cheers

 

 

Tagged , , ,

Leave a Reply

