FILTER BULAN DAN TAHUN DI CRYSTAL REPORT DENGAN VB.NET

Malam teman-teman yang baik……..

Di postingan gw sebelumnya, gw sharing mengenai cara selection formula di vb.net menggunakan textbox dan datetimepicker. Nah kali ini gw sedikit sharing cara pengambilan data di crystal report berdasarkan bulan dan tahun. Lebih mudahnya gw sharing cara membuat laporan bulanan ^-^

 Beberapa waktu yang lalu gw searched diberbagai forum dan blog mengenai cara membuat laporan bulanan. Nah gw nemuin coding-nya yaitu :

Public Class Form1

Dim NW_Rpt As New NW_OrderReport

Dim int_bulan As Integer

Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

Me.CrystalReportViewer1.ReportSource = NW_Rpt

End Sub

‘Private Sub cmbMonth_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles cmbMonth.SelectedIndexChanged

‘End Sub

‘Private Sub cmbYear_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles cmbYear.SelectedIndexChanged

‘End Sub

Private Sub btnSubmit_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnSubmit.Click

Try

Select Case cmbMonth.Text

Case “Januari”

int_bulan = 1

Case “Februari”

int_bulan = 2

Case “Maret”

int_bulan = 3

Case “April”

int_bulan = 4

Case “Mei”

int_bulan = 5

Case “Juni”

int_bulan = 6

Case “Juli”

int_bulan = 7

Case “Agustus”

int_bulan = 8

Case “September”

int_bulan = 9

Case “Oktober”

int_bulan = 10

Case “November”

int_bulan = 11

Case “Desember”

int_bulan = 12

End Select

CrystalReportViewer1.SelectionFormula = “{Orders.OrderDate} in datetime(” & cmbYear.Text & “,” & int_bulan.ToString() & “,1) to datetime(” & cmbYear.Text & “,” & int_bulan.ToString() & “,” & Now.Day.ToString() & “)”

CrystalReportViewer1.RefreshReport()

Catch ex As Exception

MessageBox.Show(“Report Error”, “Form Filter Report”, MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error)

End Try

End Sub

End Class

Setelah gw berkutat dengan coding diatas. It seemed work well. Tapi ketika gw mau melihat report dari bulan terdahulu, muncul masalah. Gw nga tau apa karena ada yang salah atau gimana, tapi report untuk bulan terdahulu blank alias kosong. Busyet, gw bingung apa karena ada yang belum gw masukin ke coding-nya atau program yang gw buat emang error.

Dengan sedikit kesabaran gw coba utak-atik dikit coding diatas dengan coding gw….Dan finally, I got it!!!! Ini coding gw hasil pembaharuan dari coding diatas :

Imports System.Data
Imports System.Data.SqlClient
Public Class Form1
Private Sub FrmReportBulanan_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Me.ComboBox1.Items.Add("Januari")
Me.ComboBox1.Items.Add("Februari")
Me.ComboBox1.Items.Add("Maret")
Me.ComboBox1.Items.Add("April")
Me.ComboBox1.Items.Add("Mei")
Me.ComboBox1.Items.Add("Juni")
Me.ComboBox1.Items.Add("Juli")
Me.ComboBox1.Items.Add("Agustus")
Me.ComboBox1.Items.Add("September")
Me.ComboBox1.Items.Add("Oktober")
Me.ComboBox1.Items.Add("November")
Me.ComboBox1.Items.Add("Desember")

Me.ComboBox2.Items.Add("2011")
Me.ComboBox2.Items.Add("2012")
Me.ComboBox2.Items.Add("2013")
Me.ComboBox2.Items.Add("2014")
Me.ComboBox2.Items.Add("2015")
Me.ComboBox2.Items.Add("2016")
Me.ComboBox2.Items.Add("2017")
Me.ComboBox2.Items.Add("2018")
Me.ComboBox2.Items.Add("2019")
Me.ComboBox2.Items.Add("2020")
Me.ComboBox2.Items.Add("2021")
Me.ComboBox2.Items.Add("2022")
Me.ComboBox2.Items.Add("2023")
Me.ComboBox2.Items.Add("2024")
Me.ComboBox2.Items.Add("2025")
Me.ComboBox2.Items.Add("2026")
Me.ComboBox2.Items.Add("2027")
Me.ComboBox2.Items.Add("2028")
Me.ComboBox2.Items.Add("2029")
Me.ComboBox2.Items.Add("2030")

End Sub

Private Sub BtnOk_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnOk.Click

Dim int_bulan As Integer

Try

Select Case ComboBox1.Text

Case "Januari"

int_bulan = 1

Case "Februari"

int_bulan = 2

Case "Maret"

int_bulan = 3

Case "April"

int_bulan = 4

Case "Mei"

int_bulan = 5

Case "Juni"

int_bulan = 6

Case "Juli"

int_bulan = 7

Case "Agustus"

int_bulan = 8

Case "September"

int_bulan = 9

Case "Oktober"

int_bulan = 10

Case "November"

int_bulan = 11

Case "Desember"

int_bulan = 12

End Select

If ComboBox1.Text = "" Or ComboBox2.Text = "" Then

MessageBox.Show("Isikan dengan Lengkap")

Else

Form2.CrystalReportViewer1.SelectionFormula = "Month({airlines_ticket.tanggal_order}) =" & Val(int_bulan) & " and Year({airlines_ticket.tanggal_order}) =" & Val(ComboBox2.Text)

Form2.CrystalReportViewer1.RefreshReport()

Form2.WindowState = FormWindowState.Maximized

Form2.Show()

End If

Catch ex As Exception

MessageBox.Show("Report Error", "Form Filter Report", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error)

End Try

End Sub

End Class

Keterangan :

Form1 : merupakan form utama untuk eksekusi perintah

Form2 : merupakan form tempat penampungan CrystalReportViewer1

airlines_ticket : merupakan nama table di database

tanggal_order : merupakan salah satu kolom yang digunakan untuk triggering di table airlines_ticket

BtnOk : merupakan button di Form1 untuk eksekusi perintah

—————————————————————————————————

Coding tidak banyak berubah, hanya dibagian SelectionFormula

—————————————————————————————————-

Well, nga banyak berubah tapi di coding ter-updated ini teman-teman bisa melihat laporan-laporan di bulan terdahulu secara mudah. Ok seandainya ada masalah atau gimana mohon comment di blog gw ini. Sehingga gw tau salah dimana coding  yang gw share diatas….Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang membuat aplikasi untuk pelaporan atau teman-teman yang lagi nulis skripsi buat project-nya…..^0^v

 

UPDATED!!!!

Gw rasa biar temen2 bisa langsung menggunakan program ini lebih baik gw sharing contoh programnya….

Berikut gw sharing dalam dua file : File pertama adalah database-nya. Sedangkan file kedua adalah contoh programnya.

DOWNLOAD DATABASE

DOWNLOAD PROGRAM FILTER BULAN & TAHUN

Tagged , , , , , , , ,

15 thoughts on “FILTER BULAN DAN TAHUN DI CRYSTAL REPORT DENGAN VB.NET

  1. Story added…

    Your story was featured in Populerkan.com! Here is the link to vote it up and promote it: http://populerkan.com/node/6087

  2. O iya bagi yang mau contoh program-nya bisa langsung tulis email di comment…Entar gw sharing contoh programnya….^-*

  3. iwan says:

    tolong contoh client servernya yg bisa kirim pesan kalo bisa dikirim ke imail

  4. iwan says:

    tolong contoh client servernya yg bisa kirim pesan kalo bisa dikirim ke imail
    andiiwan.iwan@yahoo.co.id

  5. Firman says:

    trima kasih mas….
    berkat kode dr anda, form saya brhasil… :-)

  6. Maaf bung Agus, untuk access kayaknya nga ada tuh…..^_^

  7. sigit says:

    Bung, klo mau ganti format tanggal pake bhs Indonesia di crystal report gimana y? databesenya pake access dan fieldnya udah date/time. ada contohnya g?

    trus klo string koneksi untuk client-server pake access gmana y?

    Sori, banyak banget nanya’nya :D

    • Hi Bung Sigit :),

      1. klo mau ganti format tanggal pake bhs Indonesia di crystal report gimana y? databesenya pake access dan fieldnya udah date/time. ada contohnya g?

      jawaban : pertama-tama bung sigit harus ubah dulu format date di control panel komputer anda. Setelah itu baru deh customize di crystal report nya. Entar pas di field datetime – klik kanan – klik format field. Pilih dan sesuaikan date formatnya dg yang bung sigit ingingkan…:)

      2. trus klo string koneksi untuk client-server pake access gmana y?

      jawaban : http://www.connectionstrings.com

      Semoga membantu yah bung sigit…:)

      • sigit says:

        Makasih jawaban sebelumnya.

        1. maksud aku kalo format field date yg tertera kan misal bulan maret -> march. padahal setting date aku udah indonesia. Nah aku pinginnya itu tertulisnya maret. kira2 itu harus di utak-atik dmananya? trus ngutak-atiknya gmana? :D

        2. makasih linknya, cm masih bingung dikit makenya :D

  8. ferari darmawan says:

    mas, ane newbie nih, mw nny dong. gmn caranya klo misalnya crystal report control saya update secara otomatis, pdhl sudah saya refresh crc’a…

  9. Garry P. Setiawan says:

    halo ini saya lg mas hero

    , saya mau tanya mas hero , kalau ini buat report nya dengan report wizard yg mencari datasource lsg ya? thanks b4 mas hero

    terus bgmn dengan desain dari reportnya ? bisakah kk / mas hero untuk membuat tutorial yg lebih terperinci (mulai dari add new crystal report nya begitu ditambah screen shot )

    kalau dengan sql query apakah bisa? (tanpa menggunakan dataset)

    saya sedang membuat aplikasi sederhana (kebingungan dalam membuat faktur untuk setiap kali ada transaksi penjualan)
    thanks

    (db yg saya gunakan mysql (tp ADO nya persis seperti yg sql server))

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 275 other followers

